Investasi

Kumpulkan Dana Darurat Dengan Emas Yuk!

Investasi emas masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Karena, emas tahan inflasi, mudah dicairkan, dan harganya cenderung meningkat dalam jangka panjang.

Kini, bahkan kita juga sudah bisa melakukan investasi emas online hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet yang memadai.

Sehingga, aktivitas investasi emas bisa semakin mudah dilakukan di mana dan kapan saja.

Karena sederet keuntungan itulah, emas pun bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyimoan dana darurat.

“Dana darurat haruslah mudah diakses, akan tetapi tidak diakses sehari-hari karena sifatnya yang hanya digunakan ketika sangat dibutuhkan, misalnya terjadi pengurangan pendapatan, perbaikan mobil atau rumah dan kebutuhan sejenis lainnya,” ujar Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah.

Indra pun membagikan beberapa tips mengumpulkan dana darurat dengan tabungan emas.

1.Hitung Pengeluaran Bulanan dan Alokasikan Pendapatan untuk Emas

Hitung Pengeluaran Bulanan dan Alokasikan Pendapatan untuk Emas

Pertama-tama, kita harus mengetahui dahulu rata-rata pengeluaran kita dalam satu bulan. Setelah mengetahuinya, kita baru bisa menentukan target dana darurat yang harus kita kumpulkan.

Idealnya, jika kita masih berstatus lajang maka nominal dana darurat setara 3 kali pengeluaran. Sementara itu, bagi kita yang telah menikah dan memiliki seorang anak, maka nominal dana darurat setara 6 kali pengeluaran.

“Namun pembelajaran yang dapat dipetik dari pandemi yang telah berjalan hingga 1 tahun lebih, maka dapat memperbesar nominal dana darurat hingga 12 kali pengeluaran,” jelas Indra.

Indra menyarankan agar kita bisa mengalokasikan 5-10 persen pendapatan setiap bulan untuk tabungan emas.

Namun, jika kita ingin mengumpulkan lebih cepat, alokasi tersebut bisa diperbesar sesuai dengan kemampuan Sahabat NOVA.

2.Kurangi Pengeluaran Tidak Perlu dan Monitor Tabungan Emas

Kurangi Pengeluaran Tidak Perlu dan Monitor Tabungan Emas

Indra mengatakan, persentase alokasi untuk dana darurat bisa bertambah jika kita mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja hal-hal yang memang dibutuhkan dan apa yang hanya sekadar keinginan saja. Terakhir, kita perlu memonitor tabungan emas yang dikumpulkan.

“Meskipun secara rutin telah dianggarkan untuk pengumpulan dana darurat, akan tetapi perlu dipantau secara berkala sehingga tetap pada tujuan awal yang ingin diraih,” ucap Indra.

3.Atur Gaji

Atur Gaji

Hari gajian merupakan salah satu momen yang paling ditunggu para pekerja. Gaji yang diperoleh setelah satu bulan bekerja pun bisa digunakan untuk membayar segala kebutuhan, kewajiban, atau pun keinginan.

Namun, kita harus bisa mengatur uang dengan baik agar uang gajian bisa kita gunakan juga untuk melakukan investasi.

Ada cara yang bisa dilakukan agar penghasilan bisa digunakan untuk berinvestasi sembari memenuhi kebutuhan lainnya. Caranya yaitu dengan membagi penghasilan menjadi 3 bagian atau 3 alokasi.

“Pertama itu untuk living, lalu kedua untuk playing dan ketiga untuk saving. Ketiga hal ini yang menjadi pokok kebutuhan yang harus Anda alokasikan ketika Anda baru gajian,” ujarnya.

Prita mengatakan, untuk pos living, kita bisa menglokasikan uang gajian sebesar 50 persen. Diketahui, pos living berguna untuk kebutuhn utama, yaitu biaya listrik, biaya air, biaya kos, hingga biaya untuk makan dan minum.

Sedangkan pos playing, kita bisa mengalokasikan dana sebesar 20 persen. Pos playing digunakan untuk biaya belanja barang kesukaan ataupun untuk melakukan berbagai macam hobi.

Sementara untuk saving, dialokasikan dana sebesar 30 persen dari gaji khusus untuk berinvestasi. Prita mengatakan, investasi yang dipilih pun bergantung pada tujuan keuangan.

Jika tujuan keuangannya untuk jangka panjang, bisa memilih emas sebagai instrumen investasinya. Namun, jika tujuannya jangka pendek, kita bisa memilih reksa dana pasar uang.

Nah, itukah beberapa cara dan tips yang mungkin bisa kalian lakukan untuk mulai berinvestasi di emas. Tentu saja kalian juga harus memperhatikan banyak hal.

Setelah mengetahui hal ini, semoga kalian bisa menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang dan mulai berinvestasi sedini mungkin.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang berencana melakukan investasi di emas. Oh ya, kalian juga bisa melakukannya lewat e-commerce atau lewat pegadaian loh.