Investasi

Iniloh Cara Mulai Investasi Reksadana Untuk Pemula!

Agar bisa mencapai financial freedom, pasti akan butuh lebih dari sekedar tabungan dalam jumlah besar saja. kita juga harus punya aset berharga loh.

Belakangan ini, ada banyak sekali instrumen investasi yang cukup menguntungkan dan bisa dibeli. Tetapi, untuk kalian yang mungkin masih awam dengan dunia investasi, bisa pilih reksadana buat memulai.

Reksadana sendiri adalah salah satu instrumen investasi yang cukup menguntungkan. Selain itu instrumen ini juga cukup banyak dilirik oleh para pemula loh. Tapi, bagaimana sih cara memulai reksadana ini? Yuk simak di bawah.

1.Minimalisir Biaya

Minimalisir Biaya

Tiap produk reksadana itu punya harga sendiri. Tapi, kalau sudah beli sebuah produk, jangan Cuma fokus pada harganya saja ya. Perhatikan juga fee yang ada.

Kurang lebih ada 3 fee yang akan kalian hadapi yaitu fee beli, jual, dan switching. Nominalnya juga beda – beda tergantung produk reksadana yang kalian pilih.

2.Nominal Kecil Dulu

Nominal Kecil Dulu

Investasi adalah kegiatan yang punya risiko. Risiko turun atau bahkan bisa saja kehilangan nilai mungkin banget terjadi. Kalau kalian masih baru, sebaiknya lakukan dengan nominal yang kecil dulu ya.

Berinvestasi dengan nominal yang kecil juga bisa memberi banyak kelebihan. Karena jumlah yang yang diinvestasikan sedikit, maka risiko yang ditanggung juga akan lebih rendah. Jadi, kalaupun turun atau kehilangan nilai, setidaknya masih bisa kita toleransikan.

3.Pengalaman

Pengalaman

Dari pengalaman yang dimiliki, maka pengetahuan yang sudah dupelajari juga akan terkonfirmasi. Tapi, kalau ada beberapa pengetahuan yang sudah gak update lagi, maka sudah waktunya untuk diperbaiki ya.

Pengalaman investasi juga akan membuka pengetahuan yang sebelumnya Cuma teori saja, bagaimana cara melakukan screening produk reksadana, komponen apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli, dan lain – lain.

4.Pilih Sesuai Kemampuan

Pilih Sesuai Kemamp

Harga reksadana itu beda – beda. Nah, supaya bisa menikmati hasil investasi, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kalian.

Investasi ini tujuannya adalah untuk menyiapkan dana pendidikan anak dengan investasi dana pensiun yang berbeda – beda.

5.Belajar

Belajar

Reksadana sendiri sebetulnya tergolong sebagai instrumen investasi finansial yang paling gampang dikelola. Walau begitu, kalau mau menikmati investasi yang menguntungkan, maka kalian harus tetap bekali diri kalian dengan pengetahuan dulu ya.

Belajar tentang reksadana harus selalu kalian tingkatkan. Pahami dulu reksadana itu apa dan jenisnya apa saja dan kembangkan pengetahuan kalian.

Itulah beberapa langkah untuk memulai investasi reksadana yang bisa kalian lakukan sebagai pemula. Jangan lupa untuk memilih yang sesuai dengan kalian dan memulainya dengan pelan – pelan dulu agar tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan ya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...