Saham

Mau Main Saham? Ini Loh Caranya?

Kalau mau investasi, dulunya mungkin kita harus telpon dulu BEI agar bisa beli saham. Tapi, sekarang ini udah cukup canggih loh. Kalian bisa lihat dari bagaimana performa saham yang ada di pasar sampai dengan membeli serta menabung modalnya lewat aplikasi yang ada di ponsel.

Itulah kenapa, sekarang sudah mulai banyak pemula yang ikut melek investasi karena merasa lebih mudah dilakukan. Lalu, bagaimana sih cara untuk berinvestasi saham yang sebenarnya? Yuk simak di bawah ini.

1.Jual Beli Saham

Jual Beli Saham

Kalau sudah deposit, nantinya kalian bisa pakai modal itu buat beli saham. Minimal pembelian saham sendiri adalah 1 lot atau sama dengan 100 lembar saham.

Kalian juga bahkan bisa melakukan penjualan saham dengan minimal 1 lot. Tapi, biasanya transaksi ini dikenakan fee dengan nominal yang berbeda – beda.

Sebelum transaksi saham, kalian juga bisa mengubah harga beli atau harga jual saham yang kalian miliki tergantung pada kondisi pasar kalian loh. Pastikan kalian lihat harga sebelum beli atau jual ya!

2.Punya Rekening Saham

Punya Rekening Saham

Membeli saham memang Cuma bisa dilakukan pada perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Untuk itulah, kalian sebelumnya harus meregistrasikan diri kalian untuk punya rekening saham ini.

Pembukaan untuk rekening saham juga sekarang sangat gampang loh. Bisa kalian lakukan lewat online dari website atau aplikasi yang sudah ada.

Bahkan, biasanya saat kalian mendownload aplikasi layanan investasi saham, maka sudah akan terintegrasi dengan perusahaan sekuritas.

3.Setor Deposit Awal

Setor Deposit Awal

Kalau akun Rekening efek kalian sudah bisa digunakan atau sudah aktif, maka kalian pasti sudah bisa mengakses aplikasi online dan nantinya kalian akan diminta untuk mendeposit beberapa dana awal.

Minimalnya juga bergantung pada perusahaan sekuritas yang kalian pilih. Caranya juga gampang, tinggal transfer dana ke rekening RDN kalian saja seperti transfer antar bank biasa.

4.Analisa Fundamental

Analisa Fundamental

Cara untuk mencari harga serta memilih saham perusahaan yang benar itu gimana sih? Nah, kalian bisa lakukan hal ini dengan melakukan analisa fundamental yang sederhana.

Kalian juga harus paham laporan keuangan serta tahu sektor bisnis apa yang perusahaan pilihan kalian punya, memilih emiten yang merupakan LQ45 juga bisa kalian pertimbangkan loh.

5.Download Aplikasi Layanan Investasi

Download Aplikasi Layanan Investasi

Perusahaan efek biasanya juga punya aplikasi online yang membuat investor jadi lebih gampang melakukan transaksi saham.

Biasanya aplikasi ini juga bisa kalian download dari Playstore atau App Store. Tapi pastikan dulu kalian udah daftar ke perusahaan sekuritasnya ya!

Itulah beberapa tips memulai investasi saham buat kalian yang mungkin belum pernah dan ingin tahu bagaimana cara memulai investasi saham. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...