Saham

Masih Muda Harus Kenal Investasi Loh, Gimana Caranya?

Pinya investasi pribadi yang ada di pasar finansial sekarang ini sekana sudah jadi gaya hidup produktif di kalangan anak muda ataupun pekerja pemula. Biasanya, mereka memandang kalau investasi itu Cuma bisa dilakukan oleh mereka yang sudah tua, padahal gak gitu loh.

Bisa dilihat dari data demografi investor di Indonesia yang saat ini malah makin banyak didominasi oleh kelompok usia muda milennial. Beberapa dari kalian mungkin bertanya – tanya gimana sih cara berinvestasi sejak muda? Nah, itulah kenapa kami akan berikan cara berinvestasi bagi anak muda.

1.Buka Rekening Investasi

Buka Rekening Investasi

Untuk bisa berinvestasi, tentu saja kalian harus punya rekening investasi dulu. Kalian bisa membukanya lewat lembaga keuangan semacam sekuritas atau manajer investasi.

Nantinya, mereka pasti akan membantu kalian dan meminta data – data yang akan mereka butuhkan untuk membukakan akun investasi kalian.

2.Tahu Konsep Serta Risiko Investasi

2.Tahu Konsep Serta Risiko Investasi

Untuk para anak muda, asuransi juwa serta asuransi kesehatan memang sering diabaikan karena merasa nasug nyda dab sehat,

Padahal, tak begitu konsepnya, kita tak bis amemprediksi kapan kita akan terkena risiko sakit atau meninggal dunia loh. Nah, ini juga sama dengan investasi.

Kita harus bisa menyiapkan semuanya selagi kita masih muda. Karena kita gak akan pernah tahu kan apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja sekarang kita baik – baik saja namun ke depannya ada hal mendadak yang mengharuskan kita mengeluarkan tabungan.

3.Tentukan Instrumen Investasi

Tentukan Instrumen Investasi

Untuk berinvestasi, tentu saja kita harus pilih apa instrumen investasi yang mau kita masuki. Sesuaikan juga dengan tujuan kalian berinvestasi agar bisa lebih cocok.

Misalnya kalian mau dapat uang lebih cepat, pilihlah instrumen yang menghasilkan uang dengan cepat namun ini tentu sebanding dengan risiko yang akan mengikuti ya. Jadi, pilihlah dengan benar.

4.Disiplin

Disiplin

Disiplin merupakan hal terpenting dalam melakukan investasi. Karena, dengan disiplin dan punya strategi yang tepat, maka tujuan keuangan kalian akan cepat tercapai.

Lakukan pula evaluasi kinerja investasi kalian secara berkala dengan minimal tiap semesternya agar tahu perkembangan apa dan perubahan apa yang bisa kalian lakukan.

5.Punya Tujuan Keuangan

Punya Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan merupakan sebuah kondisi yang mau kalian wujudkan mengenai target dana finansial tertentu di periode tertentu juga.

Dengan punya tujuan keuangan yang jelas, maka cara investasi yang kalian lakukan nantinya juga akan bisa lebih terarah karena punya target serta strategi yang jelas.

Temukan apa tujuan keuangan kalian. Apakah dalam 3 tahun kemudian mau jalan – jalan keliling dunia, menyiapkan uang untuk beli rumah, atau apa?

Itulah beberapa tips memulai investasi bagi anak muda. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...